Kita bisa memasukkan data pelanggan pada transaksi sebagai bentuk hubungan pelanggan (customer relationship). Untuk pelanggan “umum” yaitu pelanggan yang hanya sekali-dua kali transaksi saja sehingga tidak perlu dicatat secara khusus, kita menggunakan nama pelanggan “Umum”.

Untuk memasukkan data pelanggan, bisa melalui menu DATA MASTER > Daftar Pelanggan, atau bisa juga langsung pada form transaksi.

Untuk memasukkan data pelanggan melalui menu DATA MASTER > Daftar Pelanggan, lakukan langkah-langkah sbb:

  • Login dengan username yang mempunyai hak pada menu “Daftar Pelanggan”.
  • Double-clik menu “Daftar Pelanggan” (di bawah menu DATA MASTER).
  • Aktifkan “Edit Mode” agar bisa menambahkan pelanggan, mengedit data, atau menghapus record.
  • ID Pelanggan diisi kode, maksimum 20 characters.
  • Nama Pelanggan maksimum 50 characters.
  • Isi Alamat, Telp, dan Keterangan jika perlu.
  • Untuk menghapus record, klik record selector (ujung kiri baris), lalu tekan “Delete” pada keyboard.
    (pelanggan “UMUM” tidak bisa dihapus).

<< Kembali ke Daftar Topik >>

Silahkan share info ini: