GL Access adalah software aplikasi akuntansi/ pembukuan (general ledger) yang dibuat khusus untuk rekan-rekan prakstisi akuntansi/ pembukuan, yang selama ini mengandalkan Excel sebagai alat kerja.

Dengan GL Access, pekerjaan pembukuan menjadi lebih mudah, lebih rapi, dan lebih cepat karena semua proses hingga pembuatan laporan keuangan sudah diotomatiskan.

Bagi para praktisi akuntansi, pekerjaan pembukuan dibilang “sederhana” karena mereka memiliki ilmunya. Dengan demikian, menggunakan Excel pun jadilah. Apa yang dilakukan adalah menyusun COA (chart of account atau daftar perkiraan), mencatat transaksi, lalu menyusun laporan keuangan.

Tidak sedikit rekan-rekan akuntan yang membuat sendiri “aplikasi” di Excel untuk memudahkan pekerjaan dan mengotomatiskan penyusunan laporan keuangan. Namun aplikasi buatan sendiri ini menghadapi beberapa kendala, misalnya semakin banyak data semakin “berat” pula aplikasi Excelnya, ada kerawanan terhadap kesalahan data atau rumus yang tidak konsisten, bahkan menjadi bingung karena semakin banyak file Excel yang dibuat untuk backup dan lain-lain.

Untuk itulah kami membuat GL Access, “mentransfer” aplikasi Excel menjadi aplikasi database. Data disimpan di dalam file database sehingga lebih efisien dan terintegrasi, sementara untuk mengelolanya menggunakan form yang bisa memvalidasi data dan menampilkan report dalam format siap cetak.

Kelebihan aplikasi yang dibuat sendiri dengan Excel adalah: data “transparan” alias bisa dilihat semua, bisa leluasa diedit atau diperbaiki jika salah, dan kapan saja bisa dibuka karena hanya berupa file yang bisa dibawa ke mana saja.

Kelebihan ini tetap bisa dinikmati pada GL Access. Anda tetap bisa “melihat” semua data yang anda miliki (walaupun data yang lama), bisa diedit jika diperlukan, dan file aplikasi dan databasenya juga bisa dibawa ke mana-mana.

Kami tahu rekan-rekan praktisi pembukuan/ akuntansi lebih suka menggunakan Excel karena leluasa dan transparan. . .

Perbedaannya: pada GL Access, data bisa diedit jika anda memiliki hak (permission) untuk mengeditnya (hak ini bisa diberikan/diatur sesuai kebijakan perusahaan), dan data yang anda masukkan akan mengalami proses validasi sehingga sesuai aturan (standar akuntansi dan aturan sistem database). Dengan demikian, data pembukuan anda menjadi lebih terjamin validitas dan keamanannya.

Kelebihan GL Access yang lain tentu lebih banyak lagi, misalnya: pekerjaan pembukuan bisa dikerjakan bersama-sama dalam satu sistem yang terintegrasi, input data lebih mudah, proses data lebih cepat, dan pembuatan laporan keuangan bisa langsung seketika dibutuhkan!

GL Access Accounting+

Simple itu sederhana, sederhana itu mudah 🙂

Program GL Access bisa dibawa dan dibuka di mana saja (jika diperlukan, misalnya ditaruh dalam flash disk atau hard disk eksternal, untuk pemakaian sendiri/stand alone), namun tetap aman karena akses untuk membuka data dilindungi dengan sistem password.

Untuk pemakaian di kantor (multiuser), hak akses setiap pemakai bisa diberikan secara individual atau per kelompok, sehingga hanya orang yang diberi hak yang bisa menjalankan modul-modul aplikasi. Pengaturan ini sangat fleksibel, misalnya ada pemakai yang diberi hak untuk input data saja tanpa bisa mengedit data yang sudah dimasukkan, ada pemakai yang hanya berhak melihat laporan, dan sebagainya.

Meet our team

Team kami terdiri dari program developer, accountant, business consultant, dan system implementor.

Haer Talib

Program Developer

Isman

Business Consultant

Siradzamunir Rahman

System Implementor

Coba dan rasakan kemudahan dan fleksibilitasnya.

  • Tinggal download dan langsung pakai.
  • Explore aplikasi dengan data contoh yang disediakan.
  • Import data dari Excel anda.
GL Access Accounting+