MEMBUAT SENDIRI APLIKASI DENGAN ACCESS

Jika anda berpikir bahwa anda memerlukan sebuah program aplikasi untuk menunjang pekerjaan anda, cobalah membuat sendiri. Ternyata, membuat program aplikasi dengan Access mudah, asal anda tahu caranya.

Belajar Access

Access, atau dulu dikenal dengan nama Microsoft Access atau MS Access, adalah sebuah software buatan Microsoft khusus untuk mengelola database. Selain itu, kita juga bisa membuat program aplikasi dengan Access.

Di Internet tersedia banyak tutorial untuk mulai membuat program aplikasi dengan Access, baik berupa tulisan, buku, maupun video. Kenyataannya memang mudah, tidak perlu belajar bahasa pemrograman lebih dulu, tidak perlu berpikir harus membuat program yang utuh dan lengkap baru bisa dijalankan. Anda bahkan bisa membuat sebuah program aplikasi sederhana dengan sebuah form untuk input data dan untuk menampilkan data sekaligus. Fungsi-fungsi yang lain seperti pencarian, filter, sort, sudah disediakan oleh Access.

Program aplikasi yang sederhana seperti database pelanggan, database karyawan, database keluarga, database inventaris atau aset, bisa dengan mudah anda buat sebagai permulaan. Seperlu anda saja.

Access Developer

Jika anda kebetulan ingin menjadi seorang programmer, software developer, anda juga bisa memulai dengan membuat program aplikasi dengan Access.

Access sudah menyediakan sistem database sendiri, tidak perlu menggunakan sistem database lain atau pihak ketiga. Access mempunyai Query Design di mana anda bisa menentukan data apa yang ingin ditampilkan, atau untuk mengolah data menjadi informasi. Access mempunyai Form Design di mana anda bisa membuat interface atau tampilan program, membuat form untuk input data atau form untuk menampilkan data dan informasi. Access mempunyai Report Design untuk membuat tampilan cetak (printout). Access juga menyediakan Macro untuk memberi perintah tanpa mengetik code pemrograman, misalnya untuk mengeksport data ke Excel atau membuat file PDF. Access juga mempunyai bahasa pemrograman, yaitu bahasa VBA (Visual Basic for Application) di mana anda bisa melakukan hampir semua hal, termasuk mengirimkan pesan via WhatsApp atau membuat video downloader (misalnya).

Di Indonesia, ada portal komunitas Access, yaitu RumahAccess.com di mana anda bisa menemukan artikel-artikel tentang Access, link untuk join WAG komunitas, dan informasi-informasi training yang diadakan. Jika anda mempunyai kesulitan, anda bisa bertanya kepada komunitas.

Serba Access

Contoh-contoh aplikasi yang dibuat dengan Access banyak sekali, misalnya yang dimuat di https://software.web.id/listings, bahkan banyak juga freeware dan source program yang dibagi oleh anggota komunitas.

Hidup ini singkat, jangan dibuat susah (hehe). Untuk sekadar membuat aplikasi akuntansi sendiri, bikin saja pakai Access. Aplikasi toko? Jualan online? Distribusi barang? Cicilan pinjaman? Iuran anggota? Bikin saja pakai Access.

Bahkan untuk karyawan yang bekerja di bagian gudang, anda bisa membuat aplikasi kecil dengan Access, misalnya untuk menyimpan informasi barang apa ada di rak mana. Karyawan bagian PPIC, bikin delivery schedule pakai Access. Bikin Surat Jalan pakai Access. Dan sebagainya, termasuk membuat form PO dan Invoice yang bisa secara otomatis diprint tanpa mengatur-atur layout lagi seperti di Excel.

Kapasitas Access

Apakah anda berpikir: “Access kan untuk database skala kecil…”

Jawabannya bisa “iya”, namun sangat relatif. File database Access maksimal 2GB per file. Tetapi Access bisa juga dihubungkan dengan database server seperti SQL Server yang skala enterprise, MySQL, atau Oracle. Sebesar apa database yang ingin anda kelola?

“Access kan aplikasi desktop, bukan web based”.

Jawabannya bisa “iya”, tetapi aplikasi online tidak harus web based. Jika server anda terhubung ke Internet, maka Access bisa mengakses database secara online via Internet. Apakah aplikasi yang ingin anda buat memang harus berjalan di web? Jika iya, pilihannya memang harus mendevelop web application.

So, let’s start using Access, and enjoy developing application with simple and easy way…

Jika anda ingin belajar Access dari awal dan langsung praktek membuat program aplikasi, coba ikuti tutorial di buku ini:

https://software.web.id/2021/12/27/buku-tutorial-belajar-access-pelanggan/

Jika anda ingin belajar melalui kursus online, coba ikuti ini:

https://www.rumahaccess.com/2021/12/kursus-belajar-access-tingkat-pemula.html

Jika anda ingin melihat-lihat seperti apa aplikasi Access yang bisa dibuat, silahkan lihat-lihat di sini:

https://software.web.id/listings

Portal Access di Indonesia:

https://www.rumahaccess.com/

Welcome to Access…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *